9.988 Pohon di Jakut Ditangani Cegah Sempal dan Tumbang

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Jakarta Utara telah melakukan penanganan 9.988 pohon dalam periode Januari-November 2021. Penanganan berupa pemangkasan ringan, sedang dan berat hingga penebangan disebabkan keropos serta rawan sempal maupun tumbang

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih mengatakan, penanganan pohon ini semakin diintensifkan saat memasuki musim hujan.

"Selain berdasarkan monitoring petugas kami di lapangan, penanganan juga kami lakukan berdasarkan aduan atau pelaporan warga," ujarnya

Ia merinci, penanganan ringan dilakukan terhadap 2.897 pohon; penanganan sedang mencapai 4.003 pohon; dan penanganan berat sebanyak 2.483 pohon.

"Untuk penebangan ada 375 pohon dan penanganan pohon tumbang sebanyak 230 pohon," terangnya.

Ia menambahkan, khusus November 2021 sudah dilakukan penanganan 1.142 pohon dari berbagai jenis baik di jalur hijau maupun lingkungan permukiman.  

"Untuk antisipasi musim hujan dan angin kencang saat ini kami juga menyiagakan petugas piket yang siap bertugas jika terjadi pohon tumbang sewaktu-waktu," tandasnya.